Dza ‘Izza Language Festival Angkat Keunggulan Bahasa

Dza ‘Izza Language Festival (DLF) digelar dengan penuh semangat dimulai pada Kamis, 15 Februari 2024, yang dibuka langsung oleh Mudir al-Ma’had Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza K.H. Zahid Purna Wibawa, S.T. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Milad pondok yang ke-16, dengan mengusung tema “Embrace the world through transforming language and knowledge into brilliance”  (Peluklah dunia dengan mengubah bahasa dan pengetahuan menjadi kecemerlangan).

Sebagaimana dikemukakan oleh Bagian Pengembangan Bahasa Ustaz Tb. Wildanul Hakim pada Jum’at (16/2/2024), Dza ‘Izza Language Festival (DLF) adalah kegiatan pengembangan potensi santri Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza dalam bidang bahasa (Arab dan Inggris).

“Kegiatan ini menjadi hal baru (pertama kali) di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza, karena berkolaborasi dengan Bagian Pramuka dan menggunakan konsep berkemah. Jadi, peserta diwajibkan menggunakan bahasa resmi (Arab dan Inggris) selama kegiatan berlangsung, baik itu ketika kegiatan berlandaskan pramuka sekalipun,” ujarnya.

Ustaz Wildan menjelaskan, dalam agenda DLF ini terdapat dua kegiatan. Pertama, Language Jamboree. Merupakan kegiatan kerja sama antara Bagian Pramuka dan Bagian Pengembangan Bahasa Pondok. Tujuan kegiatan ini, kata Ustaz Wildan, ada dua, yaitu:

  1. Menanamkan dan mengembangkan semangat tinggi santri dalam berkegiatan pramuka dan bahasa;
  2. Membentuk potensi individu dalam penguasaan materi Pramuka dan Bahasa serta mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun kegiatan yang kedua adalah Language Exhibition. Tujuan kegiatan ini ada tiga, yaitu :

  1. Meningkatkan kemampuan santri dalam berbahasa;
  2. Menciptakan ukhuwah Islamiyah antar sesama santri;
  3. Menanamkan semangat fastabiqul khairat dalam setiap individu santri.

Untuk peserta kegiatan Language Jamboree adalah seluruh santri kelas 3 SMP putra maupun putri. Dengan konsep berkemah, kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis-Jum’at, 15-16 Februari 2024.

Untuk kegiatan Language Exhibition, pesertanya adalah seluruh santri Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza putra dan putri (selain kelas akhir), dan kegiatan ini tidak menggunakan konsep berkemah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis-Jum’at, 15-16 Februari dan Sabtu – Ahad, 24 – 25 Februari 2024.

Ustaz Wildan berharap, melalui kegiatan ini santri bisa meningkatkan motivasi dalam mengembangkan bahasa dan pramuka ke depannya, serta menjadikan bahasa sebagai mahkota pondok, sehingga santri mampu bersaing di mana pun mereka berada, sesuai tagline, go global and be a global player. Kemudian, diharapkan para santri tetap selalu tertanam dalam jiwa dan hati mereka semangat ahlul ‘izzah di mana pun mereka berada.

نحن من أهل العزّة، أهل الزيادة أهل القيادة أهل الريادة