Santri Dirasah Islamiyah Ikuti Lomba Baca Kitab Kuning dan Hafalan Hadis
SANTRI Program Dirasah Islamiyah (Madris) Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza 'Izza Ikuti Lomba Baca Kitab Kuning dan Hafalan Hadits
SANTRI DIRASAH ISLAMIYAH IKUTI LOMBA BACA KITAB KUNING DAN HAFALAN HADIS

Dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Nasional 2023, PCNU Tangsel menyelenggarakan lomba Baca Kitab Kuning dan Hafalan Hadis (Musabaqah Qiraatul kutub dan Musabaqah Hifzhu Ahadits al-Arba’in Nawawiyah). Perlombaan ini diadakan secara online, dengan peserta para santri dari pesantren tradisional maupun modern.

Santri Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza ikut serta dalam perlombaan ini, yang diwakili oleh santri program Dirasah Islamiyah.

“Alhamdulillah ada dua anak kita dari kelas enam Madris, Program Dirasah Islamiyah, mengikuti lomba ini untuk mewakili Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza”, kata Ustazah Ina Purwanti, Lc., M.Hum. dari Tim Madris yang menjadi pelaksana kegiatan.

Dalam perlombaan ini, kitab yang akan dibaca telah ditentukan sebelumnya oleh pihak panitia. “Kita mendapatkan Kitab Fathul Qarib tentang bab haji,” kata Ustazah Ina.

“Untuk metode membaca kitab, anak-anak sudah dibekali. Semoga anak-anak kita cukup percaya diri dengan gramatika dan qawai’id-qawa’id, dan tidak mengalami kesulitan ketika pelaksanaan lomba terhadap bacaan kitabnya,” kata Ustazah Ina memberikan penjelasan lebih lanjut.

Perlombaan membaca kitab kuning menjadi bagian dari proses belajar santri untuk mendapatkan pengalaman baru dan menerapkan ilmu yang sudah mereka pelajari.

“Harapan saya ini dapat dijadikan sebagai ajang experience dari keikutsertaannya di lomba ini. Kemudian, kita berharap hasil yang terbaik, anak-anak mampu menerapkan ilmunya. Jangan sampai lupa terhadap qawa’id-qawa’id yang sudah diajarkan, karena membaca kitab apa pun sebenarnya kan sama,” ujar Ustazah Ina.

Selain lomba Baca Kitab Kuning, dua santri kelas empat Madris juga mengikuti lomba Hafalan Hadis (Musabaqah Hifzhu Ahadits al-Arba’in Nawawiyah). Semoga mendapatkan hasil yang terbaik.