Gebyar Keilmuan Sains dan Sosial

Dalam rangka memperingati Milad ke-16 Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza, diselenggarakan rangkaian kegiatan yang bersifat edukatif dan menarik, di antaranya Gebyar Keilmuan Sains dan Sosial, yang berlangsung dari 22-27 Januari 2026.

Gebyar Sains dan Sosial terdiri dari sejumlah perlombaan yang mengasah wawasan dan keterampilan santri. Jenis lomba terdiri dari roket air, duplikat data, kompetisi sains, eksperimen ilmiah, cerdas cermat, debat ilmiah, sumo robot, dan lainnya. Perlombaan-perlombaan ini  diikuti oleh santri tingkat SMP dan SMA sesuai dengan ketentuan masing-masing lomba.

Kegiatan perlombaan ini tidak hanya untuk menyemarakkan milad pondok tetapi juga menumbuhkan semangat berkompetisi yang sehat, meningkatkan kemampuan, dan kekompakan. Selain bersifat edukatif, kegiatan ini juga menyenangkan.

“Melalui perlombaan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan santri-santri kita, baik sains dan sosial. Ada target juga setelah perlombaan ini, seperti kompetisi sains santri, di mana pemenang-pemenangnya akan kita ajukan menjadi tim Olimpiade sains nasional,” kata Ustaz Cucu Sudiana selaku penanggung jawab Gebyar Sains dan Sosial.

“Diharapkan pula santri selalu mengedepankan akhlak. Ada adab yang harus tetap mereka jaga selama kegiatan perlombaan,” lanjutnya.

Sementara itu, Ustaz Niko Satria Supardi, selaku ketua kegiatan milad pondok, berharap seluruh rangkaian kegiatan yang berlangsung selama 21 Januari – 23 Mei 2024 dapat menjadi bagian penting dalam proses peningkatan kualitas pendidikan Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza.

“Untuk semua kegiatan ini diharapkan Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 semakin maju, terutama dalam mendidik santri-santri agar menjadi global player dan memiliki akhlak mulia,” ujarnya.

Gebyar Keilmuan Sains dan Sosial telah menumbuhkan antusias para santri. Mereka berpartisipasi aktif dalam perlombaan yang mereka ikuti. Suasana terasa penuh semangat dan kegembiraan yang dijiwai oleh kejujuran, sportivitas, fair, dan bertanggung jawab.