
Kegiatan pendidikan, pengajaran dan pengasuhan yang dilakukan di Pondok Pesantren Daar el-Qolam diarahkan untuk penguatan nilai-nilai dasar bagi para santri yang menjadi bagian dari ciri utama pendidikan di Pesantren. Nilai-nilai kepesantrenan ini adalah sebagai berikut:
NO | NILAI-NILAI PESANTREN | APLIKASI | TARGET |
---|---|---|---|
1 | Akhlak Karimah | Menjadikan akhlak karimah sebagai pertimbangan utama dalam menentukan kelayakan santri untuk mencapai jenjang berikutnya termasuk pertimbangan kelulusan belajar santri | Santri memiliki dan mampu menerapkan tatatan etika atau moral yang diatur oleh agama termasuk kesantunan lahiriah dalam pergaulan antar sesama dan lingkungan |
2 | Ibadah Amaliyah | Mendisiplinkan santri melaksanakan shalat fardhu berjamaah di masjid serta kewajiban bagi santri kelas akhir untuk mengikuti ujian praktik menjadi imam shalat berjamaah, doa-doa dan amalan-amalan sunah lainnya. Ibadah amaliah juga menjadi materi yang diujikan pada setiap ujian semester | Santri memiliki kesadaran untuk melaksanakan shalat lima waktu berjamaah, memimpin shalat dan mempraktekan amalan-amalan sunah |
3 | Bacaan al-Qur’an | Mewajibkan santri membaca al-Qur’an ba’da shalat fardhu dan membaca al-Qur’an berkelompok (6 orang) dengan bimbingan satu orang guru ba’da shalat maghrib. Tes praktek membaca al-Qur’an juga menjadi salah satu materi ujian pada setiap semester | Santri mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidahkaidah yang terdapat ilmu tajwid |
4 | Hafalan Surat al-Qur’an Pilihan | Mewajibkan santri menghafal surat-surat pilihan selama 3 tahun masa belajar. Surat-surat tersebut adalah Juz amma (juz ke-30) al-mulk, al-waqiah, alrahman, yasin dan kaifiyah tahlil. Ketuntasan hafalan menjadi syarat santri untuk dapat mengikuti wisuda (haflah takhrij) | Santri mampu menghafal surat-surat pilihan dan menerapkannya dalam praktek ibadah sehari-hari baik di dalam pesantren atau di masyarakat |
5 | Dedikasi dan Loyalitas | Mendisiplinkan santri dalam kegiatan selama 24 jam di pesantren. Menghormati dan menghargai sistem serta ketaatan terhadap guru | Santri mampu mengatur kegiatannya dengan penuh kedisiplinan, ketepatan waktu dan ketaatan |
6 | Amanah dan Tanggung Jawab | Menugaskan santri untuk menjadi penjaga asrama, di pesantren familiar disebut dengan bulis/haris dan mengatur roda organisasi santri untuk membantu tugas-tugas guru dalam menegakan disiplin, mengembang-kan minat dan bakat santri | Santri mampu menjaga amanat dan bertanggung jawab terhadap wewenang dan kepercayaan yang diberikan pesantren |
7 | Toleransi dan Tenggang rasa | Menempatkan santri dalam satu kamar bersama santri yang berasal dari latar belakang adat, etnis yang berbeda. Melakukan rotasi atau perpindahan kamar satu semester sekali | Santri mampu menghargai, toleran dan memahami keragaman watak, adat istiadat santri lainnya |