Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza dipercaya oleh Pengasuh Pondok untuk mengelola program khusus yang disebut dengan Center for Foundation Studies (CFS).
Program ini merupakan bagian dari rencana penguatan sistem pendidikan Pondok Pesantren Daar el-Qolam dengan melakukan kerjasama internasional, yang sebenarnya sudah dirintis semenjak masa kepemimpinan alm. K.H. Ahmad Rifai Arif. Ini ditandai dengan adanya kunjungan delegasi dari Selangor Malaysia ke Pondok Daar el-Qolam pada paruh tahun 1990-an untuk menjajagi kemungkinan kerjasama pengembangan kelembagaan pendidikan. Namun karena berbagai faktor, rencana ini belum dapat direalisasikan ke dalam bentuk program yang lebih konkret.
Dengan karunia Allah SWT, ide mulia ini mendapatkan momentum baru ketika pada bulan Februari 2013 Professor Eddy Yusuf dari Management and Science University (MSU) Malaysia berkunjung dan bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Daar el Qolam 3. Kunjungan ini menjadi tonggak sejarah bagi berdirinya program Foundation.
Kunjungan tersebut merupakan bentuk perkenalan awal menjadi MSU sebagai salah-satu destinasi belajar bagi siswa-siswa Indonesia menimba ilmu di Malaysia. Salah satu agenda yang menjadi pokok pembahasan dalam pertemuan yang dihadiri oleh Pengasuh Pondok Pesantren, Dewan Penasehat (Majelis Taushiah) dan sejumlah guru senior ter-sebut adalah tentang kemungkinan pengembangan program Foundation di Pondok Pesantren Daar el-Qolam.
Program ini menjembatani siswa Indonesia untuk bisa diterima masuk di berbagai perguruan tinggi internasional di luar negeri, khususnya di MSU Malaysia. Secara khusus, program ini menjadi pintu masuk bagi para alumni Pondok Pesantren Daar el-Qolam untuk dapat mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi Malaysia.
Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, sebuah tim pesantren Daar el Qolam yang terdiri atas beberapa anggota Majelis Taushiah, Mudir Daar el Qolam 2 dan 3, Kepala Sekolah SMA, Kepala Bagian Pengajaran pada bulan Juni 2013 mendapat kesempatan untuk mengunjungi MSU di Malaysia untuk mengamati dan mempelajari sistem pen-didikan yang ditawarkan di perguruan tinggi ini.
Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk secara langsung berdialog tentang visi dan visi pendidikan yang dikembang oleh pendirinya, yaitu Prof. Tan Sri Dato’ Wira Dr. Mohd Shukri Ab Yajid. Dari hasil laporan kunjungan yang dilakukan, Pengasuh Pondok Pesantren Daar el Qolam membentuk tim kecil untuk menindaklanjuti hasil kunjungan itu dan merealisasikannya ke dalam program yang lebih konkrit. Butir-butir program yang ingin dilakukan ini kemudian dituangkan dalam Naskah Kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Pondok Pesantren Daar el-Qolam dan MSU.
Pada tanggal 27 Februari 2014, Pesantren Daar el-Qolam yang diwakili oleh Mudirul Ma’had Daar el-Qolam 3, Ust. Zahid Purna Wibawa, S.T. dan MSU yang diwakili oleh Prof. Tan Sri Dato’ Wira Dr. Mohd Shukri Ab Yajid, selaku President Management and Science University (MSU) bersepakat dan menandatangani sebuah Naskah Kesepahaman untuk mengembangkan program Foundation di Pondok Pesantren Daar el Qolam.
CENTER FOR FOUNDATION STUDIES (CFS)
Sebagaimana dijelaskan pada bagian sebelumnya tentang sejarah berdirinya, program CFS ini adalah program khusus persiapan (foundation studies) untuk menempuh pendidikan tinggi tingkat Bacheloriate (BA/S1) di Management & Science University (MSU) Shah Alam Malaysia.
Durasi program adalah 3 (tiga) semester, dan diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Daar el-Qolam bekerjasama dengan Management & Science University (MSU). Program ini menawarkan tiga jurusan studi: (1) business, (2) Information Technology & Engineering, dan (3) Biology & Health Science.
Manfaat Mengikuti Program CFS
Program CFS didesain secara khusus untuk meningkatkan kualitas akademik dan keterampilan (skills) santri dalam mengikuti sistem pendidikan perguruan tinggi bertaraf internasional di MSU, dan berkesempatan ikut-serta dalam kegiatan Global Mobility Program (GMP) pada 66 universitas di 26 negara yang menjalin kerjasama dengan MSU untuk mendapat gelar ganda (double degree) atau kegiatan lain seperti magang (internship).
Program CFS didesain secara umum untuk memper-siapkan para santri untuk memiliki wawasan global, dan pengalaman internasional dengan tetap menjunjung nilai-nilai keislaman yang kuat.
Keunggulan Program CFS
Bahasa pengantar pengajaran di CFS adalah bahasa Inggris dimana para santri di CFS dipersiapkan secara akademik dan professional untuk dasar-dasar kajian/studi yang menjadi pilihan sesuai dengan minat dan bakat sesuai dengan kuri-kulum internasional yang dikembangkan oleh MSU.
Para santri CFS mendapat materi-materi co-curicular berupa program perkembangan karakter dan kepribadian serta kopetensi keterampilan (skill competences) baik yang bersifat interpersonal seperti kepemimpinan (leadership) dan pembiasaan belajar dan membaca (learning and reading habits).
Para santri di CFS mendapatkan materi-materi penguatan keterampilan akademis (academic skills) seperti penulisan akademik (academic writing), penguasaan sistem computer dasar (computer literacy), berbicara di depan publik dan teknik penyelesaian masalah (public speaking and technique for problem solving).
Para santri mendapatkan kesempatan untuk mengikuti murid magang (class seat-in) sesuai bidang yang diminati di MSU. Para santri di CFS mendapatkan penguatan akademik secara maksimal untuk menguasai materi-materi Ujian Nasional (UN) yang ditetapkan Pemerintah Indonesia.
Para pendidik di CFS dibekali kemampuan Bahasa Inggris, penguasaan metodologi pengajaran yang baik, dan pengua-saan materi ajar bertaraf internasional sesuai dengan standar MSU.
Fasilitas pendidikan seperti ruang kelas, dan penunjang pengajaran (teaching aids) seperti perangkat audio visual di CFS berstandar internasional.
Program CFS didesain secara umum untuk memper-siapkan para santri untuk memiliki wawasan global, dan pengalaman internasional dengan tetap menjunjung nilai-nilai keislaman yang kuat.
Sebagai program khusus, CFS memiliki struktur kepengurusan yang secara otonom menjalankan fungsi pendidikan dan pengasuhan sebagai berikut:
Direktur | : | Zahid Purna Wibawa, S.T. |
Program Komite | :
: |
Drs. H. Taftazani
Drs. H. Ubaidillah Asnawi |
: | Ismatu Ropi, MA., Ph.D. | |
: | Drs. M. Wahyuni Nafis, M.A. | |
: | H. Ferdinal Lafendry, M.M. | |
: | Aan Rukmana, M.A. | |
Coordinator Center for Foundation Studies (CFS) | : | Hj. R. Nur Tsawaabit F Y,M.T.I |
(a). Kepala Sub-Bagian Kurikulum CFS-Nasional | : | Diki Wardiansah, M.Pd. |
a. Bagian Kurikulum | : | Rifki Handoyo, S.T. |
b. Sekretaris | : | Galih Yogi Pratiwi, S.Pd. |
c. Staf Keuangan | : | Ridwan Awaludin, S.Pd.I. |
d. Staf Sarana Prasarana | : | M. Shopiuddin, S.Pd.I. |
Berikut adalah daftar nama tenaga pengajar program CFS berikut pendidikan terakhir dan materi mata pelajaran yang diampu:
No | NAMA | PENDIDIKAN TERAKHIR | MATERI YANG DIAMPU | |
1 | Aam Amarullah, M.Pd. | S2, Manejemen Pendidikan, UNJ, Jakarta | Biology | |
2 | Angga W, MM. | S2, Manajemen, University of Muhammadiyah | Fundamental to Marketing | |
3 | Arnata, M.Pd | S2, Manajemen Pendidikan B. Inggris, UHAMKA | Introduction to Multimedia | |
4 | Asep S, M. Pd. | S2, Pendidikan Bahasa Inggris, UHAMKA | English For General Proficiency | |
5 | B. Adhi Priyambodho | Physics | ||
6 | Diki Wardiansyah, M.Pd | S1, Matematika, UNTIRTA, Serang | Business Matematics | |
7 | Dony Hutabarat,M. Eng. | S2, IT, UGM, Yokyakarta | Introduction to Networking | |
8 | Dr. Asep Saefurohman | S2, Kimia, ITB, Bandung | Chemistry II | |
9 | Eka Sugandi, S.Pd. | S1, Fisika, UPI, Bandung | Physics | |
10 | H. Muhidin, M.Pd. | S2, Pendidikan Teknologi, UNTIRTA, Serang | Chemistry I | |
11 | Iis Afifah A, MM. | S2, Menejemen, IPB, Bogor | Economics | |
12 | Joni Sonaji, SE | S1, Akutansi, UNTIRTA | Accounting | |
13 | Khaeroni, S.Si, M.Si | S2, Matematika Terapan, IPB | Programming | |
14 | Pipit Marianingsih, M.Si | S2, Pendidikan Biologi, UI | Basic Genetic | |
15 | R. Nur T F Y,, M.I.T | S2, Magister TI, BINUS, Jakarta | Introduction to Computer Science | |
16 | Udi Samanhudi, M.Pd. | S2, Pendidikan Bahasa Inggris, UPI, Bandung | English for Academic Purposes | |
17 | Zulkifli, M.M. | S2, Menejemen, UHAMKA, Jakarta | Introduction To Business & Management |
Berikut adalah mata pelajaran yang diambil peserta program CFS untuk masing-masing jurusan:
(1) Foundation in Business
SEMESTER I | SEMESTER II | ||||
Code | Subject | Credit | Code | Subject | Credit |
FMT0013 | Mathematics I | 3(3+0) | FMT0023 | Mathematics II | 3(3+0) |
FGS0014 | Physics I | 4(3+1) | FGS0024 | Physics II | 4(3+1) |
FLL0013 | English for General Proficiency | 3(3+0) | FCS0074 | Problem Solving Techniques and Algorithm | 4(3+1) |
MPW1133F | Indonesian Studies | 3(3+0) | FMG0013 | Introduction to Management | 3(3+0) |
FCS0014 | Introduction to Computer | 4(3+1) | UCS0051 | Co-Curriculum I | 1(0+1) |
UCS0061 | Co-Curriculum II | 0+1 | |||
Total | 17 | Total | 16 |
SEMESTER III | ||
Code | Subject | Credit |
FCS0024 | Introduction to Networking | 4(3+1) |
FCS0084 | Programming | 4(3+1) |
FMM0013 | Introduction to Multimedia | 3(2+1) |
FLL0023 | English for Academic Purposes | 3(3+0) |
MPW1143F/ MPW1153F | Islamic Studies | 3(3+0) |
Total | 17 |
(2) Foundation in Information Technology & Engineering
SEMESTER I | SEMESTER II | ||||
Code | Subject | Credit | Code | Subject | Credit |
FMT0013 | Mathematics I | 3(3+0) | FMT0023 | Mathematics II | 3(3+0) |
FGS0014 | Physics I | 4(3+1) | FGS0024 | Physics II | 4(3+1) |
FLL0013 | English for General Proficiency | 3(3+0) | FCS0074 | Problem Solving Techniques and Algorithm | 4(3+1) |
MPW1133F | Indonesian Studies | 3(3+0) | FMG0013 | Introduction to Management | 3(3+0) |
FCS0014 | Introduction to Computer | 4(3+1) | UCS0051 | Co-Curriculum I | 1(0+1) |
UCS0061 | Co-Curriculum II | 0+1 | |||
Total | 17 | Total | 16 |
SEMESTER III | ||
Code | Subject | Credit |
FCS0024 | Introduction to Networking | 4(3+1) |
FCS0084 | Programming | 4(3+1) |
FMM0013 | Introduction to Multimedia | 3(2+1) |
FLL0023 | English for Academic Purposes | 3(3+0) |
MPW1143F/ MPW1153F | Islamic Studies | 3(3+0) |
Total | 17 |
(3) Foundation in Biology & Health Science
SEMESTER I | SEMESTER II (FEB 14) | ||||
Code | Subject | Credit | Code | Subject | Credit |
FMT0013 | Mathematics I | (3+0) | FMT0023 | Mathematics II | (3+0) |
FGS0044 | Biology | (3+1) | FGS0024 | Basic Anatomy & Physiology | (3+1) |
FHS0013 | Health Science | (3+0) | FCS0074 | Chemistry II | (3+1) |
FGS0064 | Chemistry I | (3+1) | FMG0013 | Introduction to Computer Science | (3+0) |
FLL0013 | English General Proficiency | (3+0) | UCS0051 | English for Academy Purposes | (3+0) |
UCS0051 | Co-Curiculum I | (0+1) | |||
Total | 18 | Total | 17 |
SEMESTER III | ||
Code | Subject | Credit |
FGS0054 | Basic Genetics | 4(3+1) |
FCS0084 | Physic | 4(3+1) |
UCS0061 | Co-Curiculum | 3(2+1) |
MPW1143F/ | Malaysian Studies | 3(3+0) |
MPW1143F/ MPW1153F | Islamic Studies | |
Total | 15 |
CENTER FOR INTERNATIONAL ISLAMIC STUDIES PROGRAM (CIISP)
Program ini diselenggarakan sebagai persiapan menempuh pendidikan tinggi di Timur Tengah dan Afrika Utara, khususnya Universitas Az-Zaitunah Tunisia dan Universitas Afrikiyah Sudan. Program ini berdurasi selama lima semester atau dua setengah tahun, dimulai dari semester pertama di kelas IV (kelas 1 SMA/MA) sampai dengan semester kedua di kelas VI (kelas 3 SMA/MA).
Manfaat Mengikuti Program CIISP
Program IISP didesain secara umum untuk mempersiapkan para santri memiliki wawasan global dan pengalaman internasional dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman yang kuat. Selain itu program ini secara khusus dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas akademik, mental dan keterampilan (Skill/al-mahârah) santri dalam mengikuti sistem pendidikan tinggi bertaraf internasional di Timur Tengah dan Afrika Utara.
Keunggulan Program CIISP
Sebagai program internasional untuk kajian keislaman, Bahasa pengantar pengajaran di program IISP adalah Bahasa Arab. Oleh Karena itu para santri di IISP dipersiapkan secara akademik untuk dapat menguasai kemampuan Bahasa Arab yang baik berkenaan dengan qa’idah, qira’ah, sima’ dan khitabah.
Para santri di IISP mendapatkan materi berkenaan dengan dasar-dasar kajian/studi keislaman (Dirasah Islamiyah) seperti Tafsir dan ‘Ulum al-Qur’an, Hadits dan Musthalah al-Hadits, Fiqh dan Ushul Fiqh. Selain itu juga ada beberapa materi yang menjadi pilihan sesuai dengan minat dan bakat berdasarkan perguruan tinggi di Timur Tengah atau Afrika Utara.
Para santri di program IISP mendapat materi-materi co-curricular berupa program pengembangan kepribadian dan karakter serta kompetensi keterampilan (skill competence/takwin al-kafa’ah wa al-maharah) baik yang bersifat intrapersonal maupun interpersonal seperti kepemimpinan (leadership/al-qiyadah) dan pembiasaan belajar dan membaca (learning and reading habits/at-ta’wid ‘ala at-ta’allum wal qiro’ah).
Lebih jauh, para santri di IISP mendapatkan materi-materi penguatan keterampilan (academic skills/al-maharah al-akadimiyah) seperti penulisan (academic writing/maharah al-kitabah), penguasaan komponen Bahasa arab, berbicara di depan public dan teknik penyelesaian masalah.
Para pendidik di IISP adalah para lulusan s2 dan s3 dari berbagai universitas di timur tengah dan afrika utara seperti al-azhar kairo dan azzaitunah tunisa yang memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam Bahasa arab , penguasaan metodologi pembelajaran yang baik, dan penguasaan materi ajar bertaraf internasional sesuai dengan standar yang ditetapkan di beberapa univeristas di timur tengah. Kurikulum yang digunakan IISP mengikuti standar yang berlaku di beberapa universitas di kawasan itu.
Sebagai program internasional, fasilitas sarana dan prasarana seperti ruang kelas ber AC, dan penunjang pengajaran (wasa’il attadris) perangkat multimedia berstandar internasional. Program ini juga merencanakan rihlah ilmiyah (study tour) ke Universitas Zaitunah agar para peserta bisa melihat dan merasakan langsung denyut kehidupan social dan akademik di universitas tersebut.