Arah dan Tujuan Pendidikan Pondok Pesantren Daar el-Qolam

Pengasuh Pondok Pesantren Daar el-Qolam K.H. Ahmad Syahiduddin saat memberikan Kuliah Etiket pada Santriwan-santriwati Daar el-Qolam (27.12.15).
Pengasuh Pondok Pesantren Daar el-Qolam K.H. Ahmad Syahiduddin saat memberikan Kuliah Etiket pada Santriwan-santriwati Daar el-Qolam (27.12.15).

Pondok Pesantren Daar el-Qolam secara umum mempunyai dua tujuan dalam pendidikan yakni: tujuan kemasyarakatan dan tujuan mencari ilmu (thalab al-ilm) sebagaimana berikut:

Tujuan Kemasyarakatan

Santri di Daar el-Qolam dididik untuk memahami dan menjadi bagian dari masyarakat dan karena itu diharapkan mereka mampu memberikan konstribusi dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada dalam masyarakat. Daar el-Qolam merupakan mini atur masyarakat dimana santri dengan latar belakang yang berbeda ber interaksi. Santri dibekali untuk mengatur kehidupannya secara individu dan kolektif sebelum mereka kembali menjadi bagian dari masyarkat yang sesungguhnya.

Untuk itu, Daar el-Qolam membekali para santri dengan ber bagai macam ilmu dan ke terampilan secara terencana, dengan mengajarkan makna tanggung jawab dengan mem berikan kesempatan mereka untuk berinovasi dalam mencari dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat.

Daar el-Qolam juga menanamkan etos bekerja keras, keikhlasan dan kepemimpinan sehingga diharapkan tumbuhnya rasa percaya diri dan mudah beradaptasi dan berinteraksi serta cakap dalam mengambil keputusan. 

Tujuan Mencari Ilmu

Selain tujuan kemasyarakatan, Daar el-Qolam juga secara konsisten menanamkan etos untuk terus mencintai ilmu dan menuntut ilmu dengan niat suci ibadah memenuhi perintah Allah. Tujuan pendidikan di Daar el-Qolam adalah mencetak generasi muda Islam masa depan yang beriman dan berilmu pengetahuan.

Daar el-Qolam terus berusaha untuk secara dalam menyi-apkan generasi di atas, tidak sebatas kepada semangat melepaskan dikotomi ilmu, lebih dari itu pada tataran aplikasinya Daar el-Qolam mengintegrasikan sistem pendi-dikan yang ada di Indonesia. Dapat dikatakan Daar el-Qolam adalah lembaga pendidikan pesantren yang berbasis sekolah (pesantren based school). Tradisi sekolah dipadukan dengan tradisi pesantren modern yang menekankan pada pengua-saan bahasa asing dan kedisiplinan.