Falsafah

Falsafah, Visi, Misi, dan Identitas Kepesantrenan

Landasan Pemikiran

Pondok Pesantren Daar el-Qolam adalah sebuah institusi pendidikan Islam yang moderat dan berdiri untuk semua golongan.

Dasar Filosofis

يَرْفَعِ اللهُ الّذِيْنَ أمَنُوا مِنْكُمْ وَ الَّذِيْنَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

…Niscaya Allah akan meninggikan derajat orang-orang Mukmin yang ikhlas dan orang-orang yang berilmu menjadi beberapa derajat. (Q.S. Al-Mujadalah: 11)

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلْنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَ تَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَ تُؤْمِنُوْنَ بِاللهِ

Kalian, wahai umat Muhammad, adalah umat paling baik yang diciptakan Allah di muka bumi untuk manfaat orang banyak. Yaitu, selama kalian tetap berpegang pada prinsip al-amr bi al-ma’rûf wa al-nahy ‘an al-munkar (menyuruh kepada yang makruf dan melarang dari yang mungkar) dan beriman dengan sesungguhnya kepada Allah… (Q.S. Ali Imran: 110)

Visi

Mempersiapkan kader yang mu’min, muttaqîn dan rasikhîna fil ilmi.

Misi

  1. Mendidik santri untuk menjiwai Panca Jiwa dan Motto Pondok
  2. Mendidik santri untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknlogi
  3. Memperluas medan juang santri

Sifat dan Karakteristik

Sifat MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam adalah “Berdiri di atas dan untuk semua Golongan“. Ini berarti, Pondok Pesantren tidak terikat dengan satu aliran tertentu, atau salah satu golongan organisasi masyarakat sosial (ormas) tertentu, atau salah satu golongan politik tertentu. MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam juga mengajarkan nilai-nilai keislaman yang santun, moderat, toleran, dan inklusif.

MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam adalah salah satu jenis pondok pesantren yang mengembangkan sistem pendidikan pondok modern (khalafiy). Para santri selain dididik dan diajarkan ilmu pengetahuan agama, juga dibekali ilmu-ilmu pengetahuan umum yang menggunakan sistem dan kurikulum sekolah. Yang lebih penting dari itu adalah penanaman disiplin hidup dan disiplin dalam beribadah. Dengan demikian para santri diharapkan mempunyai wawasan dan pengetahuan yang seimbang antara ukhrawi dan duniawinya.

Chief of Information Officer
Willy Saefurrahman
Chief of Information Officer in Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3.
Read full profile
Apply for Admission or some other Call to Action