Center for Foundation Studies (CFS) Dan Center for International Islamic Studies Program (CIISP)

Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza dipercaya oleh Pengasuh Pondok untuk mengelola program khusus yang disebut dengan Center for Foundation Studies (CFS).

Program ini merupakan bagian dari rencana penguatan sistem pendidikan Pondok Pesantren Daar el-Qolam dengan melakukan kerjasama internasional, yang sebenarnya sudah dirintis semenjak masa kepemimpinan alm. K.H. Ahmad Rifai Arif. Ini ditandai dengan adanya kunjungan delegasi dari Selangor Malaysia ke Pondok Daar el-Qolam pada paruh tahun 1990-an untuk menjajagi kemungkinan kerjasama pengembangan kelembagaan pendidikan. Namun karena berbagai faktor, rencana ini belum dapat direalisasikan ke dalam bentuk program yang lebih konkret.

Dengan karunia Allah SWT, ide mulia ini mendapatkan momentum baru ketika pada bulan Februari 2013 Professor Eddy Yusuf dari Management and Science University (MSU) Malaysia berkunjung dan bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Daar el Qolam 3. Kunjungan ini menjadi tonggak sejarah bagi berdirinya program Foundation.

Kunjungan tersebut merupakan bentuk perkenalan awal menjadi MSU sebagai salah-satu destinasi belajar bagi siswa-siswa Indonesia menimba ilmu di Malaysia. Salah satu agenda yang menjadi pokok pembahasan dalam pertemuan yang dihadiri oleh Pengasuh Pondok Pesantren, Dewan Penasehat (Majelis Taushiah) dan sejumlah guru senior ter-sebut adalah tentang kemungkinan pengembangan program Foundation di Pondok Pesantren Daar el-Qolam.

Program ini menjembatani siswa Indonesia untuk bisa diterima masuk di berbagai perguruan tinggi internasional di luar negeri, khususnya di MSU Malaysia.  Secara khusus, program ini menjadi pintu masuk bagi para alumni Pondok Pesantren Daar el-Qolam untuk dapat mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi Malaysia.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, sebuah tim pesantren Daar el Qolam yang terdiri atas beberapa anggota Majelis Taushiah, Mudir Daar el Qolam 2 dan 3, Kepala Sekolah SMA, Kepala Bagian Pengajaran pada bulan Juni 2013 mendapat kesempatan untuk mengunjungi MSU di Malaysia untuk mengamati dan mempelajari sistem pen-didikan yang ditawarkan di perguruan tinggi ini.

Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk secara langsung berdialog tentang visi dan visi pendidikan yang dikembang oleh pendirinya, yaitu Prof. Tan Sri Dato’ Wira Dr. Mohd Shukri Ab Yajid. Dari hasil laporan kunjungan yang dilakukan, Pengasuh Pondok Pesantren Daar el Qolam membentuk tim kecil untuk menindaklanjuti hasil kunjungan itu dan merealisasikannya ke dalam program yang lebih konkrit.  Butir-butir program yang ingin dilakukan ini kemudian dituangkan dalam Naskah Kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Pondok Pesantren Daar el-Qolam dan MSU.

Pada tanggal 27 Februari 2014, Pesantren Daar el-Qolam yang diwakili oleh Mudirul Ma’had Daar el-Qolam 3, Ust. Zahid Purna Wibawa, S.T. dan MSU yang diwakili oleh Prof. Tan Sri Dato’ Wira Dr. Mohd Shukri Ab Yajid, selaku President Management and Science University (MSU) bersepakat dan menandatangani sebuah Naskah Kesepahaman untuk mengembangkan program Foundation di Pondok Pesantren Daar el Qolam.

Penandatangan MoU Management and Science University (MSU) Malaysia dengan Centre for Foundation Studies Daar el-Qolam oleh Mudirul Ma’had Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza dan Profesor Tan Sri Dato’ Wira Dr. Mohd. Shukri Ab Yajid (President MSU).

CENTER FOR FOUNDATION STUDIES (CFS)

Sebagaimana dijelaskan pada bagian sebelumnya tentang sejarah berdirinya, program CFS ini adalah program khusus persiapan (foundation studies) untuk menempuh pendidikan tinggi tingkat Bacheloriate (BA/S1) di Management & Science University (MSU) Shah Alam Malaysia.

Durasi program adalah 3 (tiga) semester, dan diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Daar el-Qolam bekerjasama dengan Management & Science University (MSU). Program ini menawarkan tiga jurusan studi: (1) business, (2) Information Technology & Engineering, dan (3) Biology & Health Science

Manfaat Mengikuti Program CFS

Program CFS didesain secara khusus untuk meningkatkan kualitas akademik dan keterampilan (skills) santri dalam mengikuti sistem pendidikan perguruan tinggi bertaraf internasional di MSU, dan berkesempatan ikut-serta dalam kegiatan Global Mobility Program (GMP) pada 66 universitas di 26 negara yang menjalin kerjasama dengan MSU untuk mendapat gelar ganda (double degree) atau kegiatan lain seperti magang (internship).

Program CFS didesain secara umum untuk memper-siapkan para santri untuk memiliki wawasan global, dan pengalaman internasional dengan tetap menjunjung nilai-nilai keislaman yang kuat.

Keunggulan Program CFS

Bahasa pengantar pengajaran di CFS adalah bahasa Inggris dimana para santri di CFS dipersiapkan secara akademik dan professional untuk dasar-dasar kajian/studi yang menjadi pilihan sesuai dengan minat dan bakat sesuai dengan kuri-kulum internasional yang dikembangkan oleh MSU.

Para santri CFS mendapat materi-materi co-curicular berupa program perkembangan karakter dan kepribadian serta kopetensi keterampilan (skill competences) baik yang bersifat interpersonal seperti kepemimpinan (leadership) dan pembiasaan belajar dan membaca (learning and reading habits).

Para santri di CFS mendapatkan materi-materi penguatan keterampilan akademis (academic skills) seperti penulisan akademik (academic writing), penguasaan sistem computer dasar (computer literacy), berbicara di depan publik dan teknik penyelesaian masalah (public speaking and technique for problem solving).

Para santri mendapatkan kesempatan untuk mengikuti murid magang (class seat-in) sesuai bidang yang diminati di MSU. Para santri di CFS mendapatkan penguatan akademik secara maksimal untuk menguasai materi-materi Ujian Nasional (UN) yang ditetapkan Pemerintah Indonesia.

Para pendidik di CFS dibekali kemampuan Bahasa Inggris, penguasaan metodologi pengajaran yang baik, dan pengua-saan materi ajar bertaraf internasional sesuai dengan standar MSU.

Fasilitas pendidikan seperti ruang kelas, dan penunjang pengajaran (teaching aids) seperti perangkat audio visual di CFS berstandar internasional.

Program CFS didesain secara umum untuk memper-siapkan para santri untuk memiliki wawasan global, dan pengalaman internasional dengan tetap menjunjung nilai-nilai keislaman yang kuat.

Sebagai program khusus, CFS memiliki struktur kepengurusan yang secara otonom menjalankan fungsi pendidikan dan pengasuhan sebagai berikut:

Direktur : Zahid Purna Wibawa, S.T.
Program Komite :

:

Drs. H. Taftazani

Drs. H. Ubaidillah Asnawi

: Ismatu Ropi, MA., Ph.D.
: Drs. M. Wahyuni Nafis, M.A.
: H. Ferdinal Lafendry, M.M.
: Aan Rukmana, M.A.
Coordinator  Center for Foundation Studies (CFS) : Hj. R. Nur Tsawaabit F Y,M.T.I
(a).    Kepala Sub-Bagian Kurikulum CFS-Nasional : Diki Wardiansah, M.Pd.
a.      Bagian Kurikulum : Rifki Handoyo, S.T.
b.     Sekretaris : Galih Yogi Pratiwi, S.Pd.
c.      Staf Keuangan : Ridwan Awaludin, S.Pd.I.
d.     Staf Sarana Prasarana : M. Shopiuddin, S.Pd.I.

Berikut adalah daftar nama tenaga pengajar program CFS berikut pendidikan terakhir dan materi mata pelajaran yang diampu:

No NAMA PENDIDIKAN TERAKHIR MATERI YANG DIAMPU
1 Aam Amarullah, M.Pd. S2, Manejemen Pendidikan, UNJ, Jakarta Biology
2 Angga W, MM. S2, Manajemen, University of Muhammadiyah Fundamental to Marketing
3 Arnata, M.Pd S2, Manajemen Pendidikan B. Inggris, UHAMKA Introduction to Multimedia
4 Asep S, M. Pd. S2, Pendidikan Bahasa Inggris, UHAMKA English For General Proficiency
5 B. Adhi Priyambodho Physics
6 Diki Wardiansyah, M.Pd S1, Matematika, UNTIRTA, Serang Business Matematics
7 Dony Hutabarat,M. Eng. S2, IT, UGM, Yokyakarta Introduction to Networking
8 Dr. Asep Saefurohman S2, Kimia, ITB, Bandung Chemistry II
9 Eka Sugandi, S.Pd. S1, Fisika, UPI, Bandung Physics
10 H. Muhidin, M.Pd. S2, Pendidikan Teknologi, UNTIRTA, Serang Chemistry I
11 Iis Afifah A, MM. S2, Menejemen, IPB, Bogor Economics
12 Joni Sonaji, SE S1, Akutansi, UNTIRTA Accounting
13 Khaeroni, S.Si, M.Si S2, Matematika Terapan, IPB Programming
14 Pipit Marianingsih, M.Si S2, Pendidikan Biologi, UI Basic Genetic
15 R. Nur T F Y,, M.I.T S2, Magister TI, BINUS, Jakarta Introduction to Computer Science
16 Udi Samanhudi, M.Pd. S2, Pendidikan Bahasa Inggris, UPI, Bandung English for Academic Purposes
17 Zulkifli, M.M. S2, Menejemen, UHAMKA, Jakarta Introduction To Business & Management

Berikut adalah mata pelajaran yang diambil peserta program CFS untuk masing-masing jurusan:

(1) Foundation in Business

SEMESTER I SEMESTER II
Code Subject Credit Code Subject Credit
FMT0013 Mathematics I 3(3+0) FMT0023 Mathematics II 3(3+0)
FGS0014 Physics I 4(3+1) FGS0024 Physics II 4(3+1)
FLL0013 English for General Proficiency 3(3+0) FCS0074 Problem Solving Techniques and Algorithm 4(3+1)
MPW1133F Indonesian Studies 3(3+0) FMG0013 Introduction to Management 3(3+0)
FCS0014 Introduction to Computer 4(3+1) UCS0051 Co-Curriculum I 1(0+1)
UCS0061 Co-Curriculum II 0+1
Total 17 Total 16

 

SEMESTER III
Code Subject Credit
FCS0024 Introduction to Networking 4(3+1)
FCS0084 Programming 4(3+1)
FMM0013 Introduction to Multimedia 3(2+1)
FLL0023 English for Academic Purposes 3(3+0)
MPW1143F/ MPW1153F Islamic Studies 3(3+0)
Total 17

(2) Foundation in Information Technology & Engineering

SEMESTER I SEMESTER II
Code Subject Credit Code Subject Credit
FMT0013 Mathematics I 3(3+0) FMT0023 Mathematics II 3(3+0)
FGS0014 Physics I 4(3+1) FGS0024 Physics II 4(3+1)
FLL0013 English for General Proficiency 3(3+0) FCS0074 Problem Solving Techniques and Algorithm 4(3+1)
MPW1133F Indonesian Studies 3(3+0) FMG0013 Introduction to Management 3(3+0)
FCS0014 Introduction to Computer 4(3+1) UCS0051 Co-Curriculum I 1(0+1)
UCS0061 Co-Curriculum II 0+1
Total 17 Total 16

 

SEMESTER III
Code Subject Credit
FCS0024 Introduction to Networking 4(3+1)
FCS0084 Programming 4(3+1)
FMM0013 Introduction to Multimedia 3(2+1)
FLL0023 English for Academic Purposes 3(3+0)
MPW1143F/ MPW1153F Islamic Studies 3(3+0)
Total 17

(3)    Foundation in Biology & Health Science

SEMESTER I SEMESTER II  (FEB 14)
Code Subject Credit Code Subject Credit
FMT0013 Mathematics I (3+0) FMT0023 Mathematics II (3+0)
FGS0044 Biology (3+1) FGS0024 Basic Anatomy & Physiology (3+1)
FHS0013 Health Science (3+0) FCS0074 Chemistry II (3+1)
FGS0064 Chemistry I (3+1) FMG0013 Introduction to Computer Science (3+0)
FLL0013 English General Proficiency (3+0) UCS0051 English for Academy Purposes (3+0)
UCS0051 Co-Curiculum I (0+1)
Total 18 Total 17

 

SEMESTER III
Code Subject Credit
FGS0054 Basic Genetics 4(3+1)
FCS0084 Physic 4(3+1)
UCS0061 Co-Curiculum 3(2+1)
MPW1143F/ Malaysian Studies 3(3+0)
MPW1143F/ MPW1153F Islamic Studies
Total 15

CENTER FOR INTERNATIONAL ISLAMIC STUDIES PROGRAM (CIISP)

Program ini diselenggarakan sebagai persiapan menempuh pendidikan tinggi di Timur Tengah dan Afrika Utara, khususnya Universitas Az-Zaitunah Tunisia dan Universitas Afrikiyah Sudan. Program ini berdurasi selama lima semester atau dua setengah tahun, dimulai dari semester pertama di kelas IV (kelas 1 SMA/MA) sampai dengan semester kedua di kelas VI (kelas 3 SMA/MA).

Manfaat Mengikuti Program CIISP

Program IISP didesain secara umum untuk mempersiapkan para santri memiliki wawasan global dan pengalaman internasional dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman yang kuat. Selain itu program ini secara khusus dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas akademik, mental dan keterampilan (Skill/al-mahârah) santri dalam mengikuti sistem pendidikan tinggi bertaraf internasional di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Keunggulan Program CIISP

Sebagai program internasional untuk kajian keislaman, Bahasa pengantar pengajaran di program IISP adalah Bahasa Arab. Oleh Karena itu para santri di IISP dipersiapkan secara akademik untuk dapat menguasai kemampuan Bahasa Arab yang baik berkenaan dengan qa’idah, qira’ah, sima’ dan khitabah.

Para santri di IISP mendapatkan materi berkenaan dengan dasar-dasar kajian/studi keislaman (Dirasah Islamiyah) seperti Tafsir dan ‘Ulum al-Qur’an, Hadits dan Musthalah al-Hadits, Fiqh dan Ushul Fiqh. Selain itu juga ada beberapa materi yang menjadi pilihan sesuai dengan minat dan bakat berdasarkan perguruan tinggi di Timur Tengah atau Afrika Utara.

Para santri di program IISP mendapat materi-materi co-curricular berupa program pengembangan kepribadian dan karakter serta kompetensi keterampilan (skill competence/takwin al-kafa’ah wa al-maharah) baik yang bersifat intrapersonal maupun interpersonal seperti kepemimpinan (leadership/al-qiyadah)  dan pembiasaan belajar dan membaca (learning and reading habits/at-ta’wid ‘ala at-ta’allum wal qiro’ah).

Lebih jauh, para santri di IISP mendapatkan materi-materi penguatan keterampilan (academic skills/al-maharah al-akadimiyah) seperti penulisan (academic writing/maharah al-kitabah), penguasaan komponen Bahasa arab, berbicara di depan public dan teknik penyelesaian masalah.

Para pendidik di IISP adalah para lulusan s2 dan s3 dari berbagai universitas di timur tengah dan afrika utara seperti al-azhar kairo dan azzaitunah tunisa yang memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam Bahasa arab , penguasaan metodologi pembelajaran yang baik, dan penguasaan materi ajar bertaraf internasional sesuai dengan standar yang ditetapkan di beberapa univeristas di timur tengah. Kurikulum yang digunakan IISP mengikuti standar yang berlaku di beberapa universitas di kawasan itu.

Sebagai program internasional, fasilitas sarana dan prasarana seperti ruang kelas ber AC, dan penunjang pengajaran (wasa’il attadris) perangkat multimedia berstandar internasional. Program ini juga merencanakan rihlah ilmiyah (study tour) ke Universitas Zaitunah agar para peserta bisa melihat dan merasakan langsung denyut kehidupan social dan akademik di universitas tersebut.