Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza memiliki kurikulum yang sistem pesantren modern dipadukan dengan kurikulum Nasional (Kurikulum Departemen Agama dan Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional).

Kurikulum yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza terbagi menjadi tiga, yaitu: kurikulum intrakurikuler, kokurikuler dan ekstra-kurikuler.

Selain kurikulum di atas, Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza juga menyiapkan program khusus bagi santri kelas enam yang disebut Program Peningkatan Kapasitas Kelas Akhir yakni sebuah program khusu untuk santri tingkat akhir sebagai bagian dari persiapan mereka memasuki perguruan tinggi.

Materi dan Mata Pelajaran

Secara umum, muatan materi yang diberikan adalah materi pelajaran yang mengkolaborasikan antara kurikulum pesan-tren dan Departemen Pendidikan Nasional (SMP dan SMA). Berikut kelompok mata pelajaran in class session dianta-ranya:

  1. Kelompok mata pelajaran keislaman (Dirasah Islamiyah) yakni Tafsir, Hadits, Fikih, Ushul Fiqh, Musthalahul Hadits dan Mahfuzhat, dan Tarikh Islam;
  2. Kelompok mata pelajaran kebahasaan (Dirasah Lughawiyah) yakni Insya, Muthala’ah, Nahwu dan Sharaf, dan Tamrin Lughah;
  3. Kelompok mata pelajaran umum yakni PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi dan TIK.

Bagian berikut adalah struktur kurikulum intrakulikuler yang diterapkan di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza.

Kurikulum Madrasatul Mu'allimien al-Islamiyah Program 6 Tahun
Kurikulum Madrasatul Mu'allimien al-Islamiyah Program 6 Tahun

Struktur Kurikulum Program 3 Tahun (Ekstension)

Kurikulum Daar el-Qolam 3 Program Tiga Tahun

PROGRAM PENGEMBANGAN KAPASITAS SANTRI KELAS AKHIR

Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza juga menyiapkan program khusus bagi para santri kelas 6 yang disebut dengan Program Pengembangan Kapasitas Kelas Akhir.

Program ini didesain sebagai bagian dari penguatan kemampuan akademis baik penguasaan pada materi-materi kepondokan juga pada materi-materi umum untuk persiapan mereka Ujian Akhir Pondok dan Ujian Nasional, dan juga penguatan kapasitas individual menyangkut karakter diri.

Ada 2 hal yang ditekankan dalam program ini yakni sukses bidang ajar dan bidang asuh. Bidang ajar menyangkut kesuksesan santri kelas akhir dalam Ujian Nasional, dalam ujian yang dilakukan untuk ujian CFS dan dalam ujian materi-materi yang menjadi ciri khas pesantren. Sukses dalam bidang asuh menyangkut kesuksesan santri dalam kepribadian yang berkaitan dengan loyalitas, kedispilinan dan akhluqul karimah.

Untuk mencapai kesuksesan yang dijelaskan di atas, program ini menawarkan beberapa aktifitas yang dirancang secara komprehensif. Dalam bidang ajar, program ini menyelenggarakan bimbingan belajar intensif untuk Ujian Nasional, melakukan try out ujian secara berkala, dan melakukan mapping minat dan bakat para santri dalam memilih pendidikan tinggi setelah mereka tamat.

Bagi mereka yang mengikuti program CFS, program ini juga menambah bobot pengayaan kemampuan santri dengan melakukan pengayaan materi belajar bersama para guru tamu (guest lecturers), memperkuat kapasitas persiapan Ujian Nasional dan ujian masuk Management Science University (MSU) dan serta penguatan kemampuan bahasa Inggris.

Dalam hal sukses pesantren, program ini juga memperkuat kemampuan santri dalam memahami materi-materi kepondokan, melakukan pelatihan eksperimentasi mengajar (amaliyah tadris), memperbaiki kemampuan santri dalam membaca al-Quran, dan melengkapi persyaratan hapalan beberapa surat al-Quran.

Dalam bidang asuh, Program Pengembangan Kapasitas Kelas Akhir ini juga memonitor secara intensif perilaku para santri di asrama dan memperkuat kapasitas kepemimpinan santri dengan mengadakan beberapa pelatihan dan training sebagai bekal masa depan para santri.

Majelis Tausiyah memberikan pengayaan kepada santri kelas akhir dalam penyusunan individual plan (4.1.2017).
Majelis Tausiyah memberikan pengayaan kepada santri kelas akhir dalam penyusunan individual plan (4.1.2017).