Diferensiasi dan Kekhasan Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza

Apa yang membedakan Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 dari yang lain?

Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza merupakan bagian yang integral dari Pondok Pesantren Daar el-Qolam. Pondok ini berada di desa Pangkat Jayanti Tangerang Pondok ini dibangun pada tahun 2009 dan dipimpin oleh Ustadz Zahid Purna Wibawa, ST sebagai Mudir Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza.

Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza menawarkan beberapa program yakni:

  1. Pendidikan menengah 6 tahun pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI;
  2. Pendidikan menengah 3 tahun pada tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA) atau yang dikenal dengan Kelas Ekstension berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI;
  3. Program khusus persiapan perguruan tinggi (Foundation Class) selama 3 tahun pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) bekerjasama dengan Management and Science University (MSU) Shah Alam Malaysia;
  4. Program khusus persiapan menempuh pendidikan tinggi di Timur Tengah dan Afrika Utara (Center for International Islamic Studies Program/CIISP) selama 3 tahun pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Program pendidikan dan pengajaran 6 tahun di Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan berakhlak mulia yang memiliki kemampuan dasar keilmuan agama Islam (Islamic studies), dan wawasan yang baik dalam bidang ilmu eksakta secara khusus dan ilmu sosial secara umum.

Standar kompetensi yang diharapkan dari lulusan Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza antara lain adalah:

  1. Memiliki perilaku yang beriman kepada Allah SWT, disiplin dan berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam;
  2. Memiliki hapalan 2 juz al-Qur’an;
  3. Memiliki kemampuan dasar penguasaan bahasa Arab dan Inggris tingkat menengah;
  4. Memiliki dasar keahlian ilmu eksakta dan kaidah dan aplikasi penelitian kualitatif dan kuantitatif;
  5. Menguasai keterampilan dasar berceramah dan pidato di depan publik;
  6. Memiliki keterampilan interpersonal dan kepemimpinan (leadership) tingkat dasar.

Lulusan program 6 tahun Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza sesuai dengan kekhasannya ini dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta. Selain itu, para lulusan Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza juga dapat meneruskan pendidikan tinggi pada fakultas-fakultas agama di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Indonesia sesuai dengan minat.

Program pendidikan dan pengajaran 3 tahun (Kelas Ekstension) di Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan berakhlak mulia yang memiliki kemampuan dasar keilmuan agama Islam (Islamic studies), dan memiliki kemampuan hapalan beberapa surat utama al-Quran serta memiliki wawasan yang baik dalam bidang ilmu eksakta secara khusus dan ilmu-ilmu sosial secara umum.

Standar kompetensi lulusan program 3 tahun Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza ini antara lain adalah:

  1. Memiliki prilaku yang beriman kepada Allah SWT, disiplin dan berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam;
  2. Mampu hapalan beberapa surat utama al-Qur’an;
  3. Memiliki kemampuan dasar ilmu-ilmu agama;
  4. Memiliki kemampuan dasar bahasa Arab;
  5. Memiliki kemampuan menengah bahasa Inggris;
  6. Memiliki dasar-dasar keahlian ilmu eksakta dan sosial;
  7. Menguasai keterampilan dasar berceramah dan pidato di depan publik;
  8. Memiliki keterampilan interpersonal dan kepemimpinan (leadership) dasar yang baik.

Lulusan program 3 tahun (Kelas Ekstension) Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza sesuai dengan kekhasannya ini dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di beberapa perguruan tinggi negeri tanah air. Selain itu, para lulusan juga dapat meneruskan pendidikan tinggi pada fakultas-fakultas agama di lingkungan Pergurian Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Indonesia sesuai dengan minat.

Program khusus 3 tahun persiapan perguruan tinggi (Foundation Class) bekerjasama dengan Management and Science University (MSU) Shah Alam Malaysia yang dilaksanakan untuk santri kelas X – XII Daar el-Qolam 1, 2, 3 dan 4.

Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan berakhlak mulia yang memiliki kemampuan dasar keilmuan agama Islam (Islamic studies), kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan wawasan dalam bidang ilmu eksakta secara khusus dan ilmu-ilmu sosial yang memenuhi standar pendidikan internasional yang diterapkan oleh Management and Science University (MSU) Malaysia.

Standar kompetensi yang diharapkan dari lulusan pro-gram khusus 3 tahun persiapan perguruan tinggi (Foundation Class) ini antara lain adalah:

  1. Memiliki prilaku yang beriman kepada Allah SWT., disiplin dan berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam;
  2. Memiliki kemampuan tingkat dasar ilmu-ilmu agama dan bahasa Arab;
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa pergaulan dan pengantar pendidikan;
  4. Memiliki dasar keahlian sesuai dengan disiplin yang akan ditekuni di perguruan tinggi dengan standar inter-nasional;
  5. Menguasai keterampilan problem solving;
  6. Menguasai dasar berceramah dan pidato di depan publik;
  7. Memiliki keterampilan interpersonal dan kepemimpinan (leadership) dasar yang baik.

Lulusan program khusus 3 tahun persiapan perguruan tinggi (Foundation Class) di Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza ini dapat melanjutkan pendidikan tinggi di PTN dan PTS di dalam negeri, atau pada kelas internasional PTN di Indonesia. Dengan ijazah program ini, lulusan dapat juga melanjutkan pendidikan tinggi tingkat bachelorette atau S1 di MSU dan/atau di beberapa universitas mancanegara seperti di Malaysia, Jepang, Australia dan beberapa negara di Eropa yang menjadi mitra pendidikan MSU Malaysia.

Mudirul Ma’had Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza bersama Majelis Tausiyah foto bersama alumni Centre for Foundation Studies Daar el-Qolam di MSU Malaysia seusai mengadakan temu alumni Daar el-Qolam yang kuliah di MSU (25.4.17).
Mudirul Ma’had Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza bersama Majelis Tausiyah foto bersama alumni Centre for Foundation Studies Daar el-Qolam di MSU Malaysia seusai mengadakan temu alumni Daar el-Qolam yang kuliah di MSU (25.4.17).

Program khusus persiapan menempuh pendidikan tinggi di Timur Tengah dan Afrika Utara (Center for International Islamic Studies Program/CIISP) selama 3 tahun pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Program ini dilaksanakan untuk para santri kelas X sampai XII Daar el-Qolam 1, 2, 3 dan 4.

Program ini diselenggarakan sebagai persiapan menempuh pendidikan tinggi di Timur Tengah dan Afrika Utara, khususnya Universitas Az-Zaitunah Tunisia dan Universitas Afrikiyah Sudan. Program ini berdurasi selama enam semester atau tiga tahun, dimulai dari semester pertama di kelas IV (kelas 1 SMA/MA) sampai dengan semester kedua di kelas VI (kelas 3 SMA/MA).