Kiprah Tim Robotik Daar el-Qolam 3

Robotik adalah perpaduan berbagai disiplin ilmu, khususnya mekanik, elektronik, dan komputer. Perpaduan mekanik dan elektronik bisa tercipta robot. Robot sederhana yang memiliki banyak manfaat baik untuk membantu pekerjaan manusia atau sebagai media bermain dan games. Robotik Daar el-Qolam merupakan salah satu ekstrakulikuler yang berdiri dibawah naungan direktur sumberdaya manusia yang diketuai oleh Ustadz Syamsudin.

Robotik Daar el-Qolam 3 berdiri pada Desember 2011 yang pertama kali dibentuk oleh Ustadz Mulia Iskandar Alam sebagai implementasi konkrit dari visi dan misi pondok pesantren Daar el-Qolam yaitu memperluas medan juang dan dakwah dalam bidang teknologi yang berlandaskan iman dan taqwa. Robotik Daar el-Qolam membentuk Dza-‘Izza Robotik Daar el-Qolam 3 (DROID) yang didirikan pada tanggal 17 Juni 2013. Ekstrakulikuler ini dapat diikuti oleh seluruh santri Daar el-Qolam 3 yang diseleksi dengan sangat ketat melalui tes. Sampai saat ini DROID memiliki anggota sebanyak 28 orang yang terdiri dari santri SMP dan SMA serta dua orang pembimbing yaitu Ustad Muhammad Habiburrohman dan Ustadzah Siti Nurazijah.

Apa Saja Kegiatan Robotik?

Kegiatan robotik saat ini meliputi bimbingan pembuatan robot, bimbingan pengajaran program dasar-dasar robotik, pengenalan jenis-jenis sensor robotik, bimbingan sistem Arduino, menghadiri sejumlah event serta bimbingan praktek mendesain robot.

Robotik Daar el-Qolam 3 berkembang dengan sangat baik. Robotik Daar el-Qolam 3 sudah beberapa kali menjuarai berbagai perlombaan baik nasional maupun internasional. Kejuaraan lomba yang di dapat pada tahun 2016 yaitu juara 1 Robot Creative pada event Thamrin Cup skala Nasional dan juara 2 Robot Creative pada event International Robotic Games (IRG) di PKP Jakarta Islamic School skala Internasinal. Robotik Daar el-Qolam 3 kini tak  dipandang sebelah mata oleh per-robotikan di Indonesia.

(Nurazizah)

Leave a comment