Homecoming Pererat Silaturahim

Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 punya istilah unik untuk para alumninya. Kegiatan yang biasa disebut Reuni tidak akan terdengar di pesantren ini. Daar el-Qolam 3 punya istilah khusus, yakni Homecoming. Dari esensi makna tidak jauh berbeda dengan reuni, namun dari sigi nilai, istilah homecoming lebih bermuatan daripada reuni. Acara ini digelar tahunan. Para alumni dari berbagai angkatan akan pulang kampung ke pesantrennya. Rasa keterpanggilannya untuk hadir lebih kuat karena ada sesuatu yang bernilai tinggi daripada sekedar reuni.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan ini dihadiri oleh Pengasuh Pesantren, Mudirul Ma’had, Majelis Taushiyah, Direktur Pengajaran, dan Kepala Sekolah SMA, (25/02/2017). Seperti biasanya, Pengasuh Pesantren dan Mudirul Ma’had akan memberikan sedikit wejangan untuk para alumni dengan harapan nilai-nilai kepesantrenan tidak luntur digerus pergaulan. Lebih-lebih pentingnya menjaga tali silaturahim. “Jika mau silaturahim ke Pesantren, jangan menunggu sukses dulu, harus jadi orang dulu, harus berhasil dulu. Nggak bakal datang nanti. Berprasangka baiklah bahwa dengan silaturahim, Allah akan memudahkan jalan rezeki kalian,” tutur Mudirul Ma’had Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza, Kiai Zahid Purna Wibawa.

Pengasuh Pondok Pesantren Daar el-Qolam, Drs. K. H. Ahmad Syahiduddin juga berkesempatan memberikan taushiyah. Beliau berpesan kepada seluruh alumni untuk terus menjaga nilai-nilai Panca Jiwa dan Moto Pondok, di mana pun mereka berada. Di akhir acara, Pengasuh mengundang seluruh alumni untuk sama-sama menghadiri acara Milad yang ke 50 Pondok Pesantren Daar el-Qolam di bulan Januari 2018 mendatang. (em)

Tags

Leave a comment